Resensi Buku Bertema Pengobatan Islami Berjudul Berobat Dengan Sedekah


buku pengobatan islami berobat dengan sedekah
buku pengobatan islami "berobat dengan sedekah"


Judul: Berobat dengan Sedekah

Penulis: Muhammad Albani

Penerbit: Insan Kamil

Tahun terbit : 2007 cetakan ke 6

Ketebalan: 142 halaman

ISBN: 979-25-4649-9

 

Synopsis Buku Bertema Pengobatan Islami berjudul Berobat Dengan Sedekah

Dalam konsep pengobatan islami , sakit merupakan ujian yang harus dihadapi dengan kesiapan mental. Cara manusia merespon terhadap sakit yang diderita juga beragam, yaitu murka, bersabar , ridho dan bersyukur. Juga, dalam konsep agama Islam bersyukur ketika sakit merupakan tingkatan paling tinggi setelah bersabar dan ridho. Bersyukur dengan penyakit yang diderita dan merasakannya sebagai sebuah nikmat yang harus disikapi dengan bahagia.  Masih bingung dengan konsep pengobatan islami, sakit kok bahagia?

Dalam konsep pengobatan islami… pertama, orang yang sakit bukanlah orang yang hina dimata Allah. Mereka adalah orang-orang yang Allah beri penghormatan. Hal ini tersirat dalam sebuah hadits qudsi :

Sesungguhnya AllAH berfirman pada hari kiamat, ‘Wahai anak adam, Aku sakit. Mengapa engkau tidak menjenggukku? Anak Adam berkata, ‘Bagaimana mungkin aku menjengukMu sedangkan Engkau adalah Rabb semesta Alam.. ?’ Allah menjawab, “Tidakkah engkau mengetahui bahwa hambaKu si fulan sedang sakit namun engkau tidak menjenguknya. Apakah engkau tidak tahu bahwa seandainya engkau menjenguknya niscaya engkau akan mendapatkan Aku padanya…”

Ini adalah sebuah penghormatan, jika seorang mukmin sakit seolah-olah Allah juga ikut sakit. Dan Allah mencela mukmin lainnya yang tidak menjenguk saudaranya yang sedang sakit.

Dalam konsep pengobatan islamikedua, sakit bagi seorang yang beriman mengagugurkan dosa dan mengangkat derajatnya.

Dalam konsep pengobatan islamiketiga, sakit menghantarkan penderitanya ke surga dan mempercepat penyembuhan penyakit. Saat tubuh lemah tak berdaya karena penyakit maka perbanyaklah amal saleh seperti salat malam, membaca alquran, bersedekah, dan lain sebagainya. Hal ini tentu telah dibuktikan secara nyata oleh orang-orang soleh zaman dahulu hingga zaman sekarang dan atas izin Allah mempercepat penyembuhan penyakit.

Dalam konsep pengobatan islamiKeempat, ketika sakit niatkan nazar berbuat kesalihan lainnya apabila Allah ijinkan kesembuhan. Misalnya, “kalau saya sembuh, saya akan membantu pembangunan pondok pasantren dengan menyumbang 200 sak semen.” Hal ini menjadi penting untuk menjaga konsistensi kedekatan anda dengan Allah SWT.  Sebab, banyak orang yang tidak berubah setelah sembuh dari sakit. Ibadah , amal shaleh, tingkah laku masih sama saja sebagaimana sebelum mereka sakit.

Berikut sebuah hadits yang dapat memotivasi setiap muslim yang taat untuk senantiasa bersedekah dan amalan shalih lainnya.  Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, “Ujian yang menimpa seseorang pada keluarga, harta, jiwa, anak dan tetangga bisa dihapus dengan puasa, shalat, sedekah, dan amar makruf nahi munkar. “ Hadits ini juga menekankan bahwa amalan shaleh seseorang dapat menjadi perantara kesembuhan penyakit yang diderita seseorang ataupun ujian lainnya.

Pengobatan islami sejenis ini disebut sebagai pengobatan ilahiyah. Pengobatan ilahiyah, bagi sebagian orang mungkin dianggap sebagai ibadah yang tak memiliki efek medis apapun. Namun, logika langit dan logika bumi, tentu berbeda. Logika bumi lebih mengedepankan sebab akibat untuk memaknai realitas yang berjalan diatas logika manusia.

Perlu diingat bahwa alam ghaib termasuk makhluk yang bersemayam didalamnya merupakan perkara yang tak mampu dipotret logika manusia karena keberadaannya tak dapat digapai panca indera dan logika manusia. Begitu juga dengan logika langit yang tidak dapat dipotret oleh panca indera manusia. Logika langit merupakan kehendak Allah. Allah jika menghendaki sesuatu tinggal berfirman, “kun” jadilah maka terjadilah. Misteri langit adalah misteri ilahiyah yang tidak semua orang mampu memahaminya.

Juga,  dalam buku pengobatan islami ini menceritakan kisah-kisah keajaiban sedekah dalam pengobatan penyakit yang hampir tidak mungkin sembuh jika dilihat dari sisi medis. Terakhir, penulis memaparkan kiat-kiat agar sukses  mengeluarkan sedekah dengan penuh keiklasan hati.

Kelebihan Buku Bertema Pengobatan Islami berjudul Berobat Dengan Sedekah

Kelebihan dalam buku ini adalah pemaparan hadits-hadits shahih dalam setiap bab-nya untuk memperkuat argument penulisnya sehingga dapat disimpulkan bahwa argument-argumen penulis yang tersirat dalam buku ini memiliki dasar yang kuat.

Kekurangan Buku Bertema Pengobatan Islami berjudul Berobat Dengan Sedekah

Kekurangan buku ini terletak pada kuraangnya ilustrasi-ilustrasi pada setiap halamannya sehingga terlihat monoton. Ilustrasi pada dasarnya menjadi objek estetika yang membuat pembaca semakin tertarik untuk mendalami isi buku. Selain itu, dengan adanya ilustarasi pembaca dapat memahami sebuah masalah sebelum membaca kata per kata pada halaman buku tersebut.


Komentar