buku bisnis terbaik
buku tentang bisnis online
Review kali ini buku tentang bisnis online..after so long tidak membuat review
buku. Review buku yang saya mau icip-icip adalah bukunya Dewa Eka Payoga sang dewa
selling. Belum tahu siapa dia? Hah!! Serius!!
Dah search dulu di google ya. Nah kang dewa, demikian panggilan
akrabnya, punya buku hard cover berwarna biru yang berjudul “Main Facebook”.
Saya ceritakan dulu garis besarnya ya…jadi buku ini berkisah tentang trik-trik jitu berjualan di facebook,
baik secara organic atau berbayar. Yuukk… cari tahu caranya didalam buku bisnis terbaik ini.
Namanya juga buku tentang bisnis online , pada lembar-lembar pertama buku ini diisi dengan testimony
para pembaca buku “Main Facebook”…Alhamdulillah testimoninya positif semua dari
para pemilik bisnis ini. Loh kok pemilik bisnis? Yup…rata-rata pembaca buku
“Main Facebook” adalah mereka yang memiliki bisnis dan mereka sukses dengan bekal ilmu dari buku bisnis terbaik ini dan tentu konsistensi. Kamu kapan nyusul punya
bisnis sendiri?
Pada buku bisnis terbaik ini yang diberi judul "Main facebook" (asyiik ya judulnya) pembahasan utama dibagi menjadi 3, yaitu
scrolling, posting, closing yang pada masing-masing bagian akan diperjelas lagi
detilnya. Pokoknya ini buku tentang bisnis online , so kamu para pebisnis online should have this one.
Dalam buku tentang bisnis online ini tepatnya Pada halaman 2 yaitu pembahasan tentang scrolling, diawali dengan tema searching. Searching yang dimaksud dalam buku ini apa ya kira-kira? IDE!!! Iya, nyari ide konten , ide copy writing, ide angle, ide gambar dan produk. Contohlah ide konten. Konten seperti apakah yang dicontohkan oleh kang Dewa ini?
- 1. Curhat
- 2. Kisah inspiratif
- 3. Cerita fiktif
- 4. Ulasan
- 5. Perumpamaan
- 6. Quote
- 7. Doa mendoakan
- 8. Nasihat
- 9. Tips dan trik
- 10. Pengumuman
- 11. Minta masukan
- 12. Pilihan ganda
- 13. Sapaan
- 14. Sindiran
- 15. Dll
Oke, saya kasih contoh dari buku tentang bisnis online ini, konten
yang berisi tentang kutipan yang memotivasi seperti pada halaman 9 “Jika
targetmu seringkali tak tercapai, bisa jadi niat awalmu hanya sekedar mengejar
uang, bukan Ridho Allah.”
Adapun konten yang berisi tentang doa +
mendoakan seperti pada halaman 10, yaitu “Semoga siapapun yang komen disini,
jualannya makin laris dan bisnisnya makin manfaat bagi banyak orang…”
Konten yang berisi tentang sapaan seperti
contoh pada halaman 16 “Assalamu’alaikum…”
Bab 2 diisi dengan tema “screening” …
apaan tuh screening? Screening adalah penyaringan yaitu menyaring pertemanan
fb… artinya anda harus meng-add dan remove beberapa teman facebook anda. Karena
apa? Karena “makin pertemanannya tersaring, makin gampang closing…
cring…cring…!!”
Nih… 3 prioritas utama pertemanan facebook anda pada halaman
24 adalah:
1. Sahabat
dekat , yaitu orang-orang yang anda kenal dalam kehidupan sehari-hari.
2. Influencer/mastah,
yaitu orang-orang yang berpengaruh atau sering berbagi ilmu via facebook.
3. Buyer,
yaitu orang-orang yang berpotensi membeli produk anda.
Nih, kang Dewa ngasih tips supaya orang berbondong-bondong
meng-add pertemanan facebook dengan anda (pada halaman 36) : “Jadilah pusat
perhatian, agar di-add pertemanan .” Caranya menjadi pusat perhatian? Nah loh!!
sering berkomentar di akun influencer denga komentar tidak biasa tapi tetep
sopan ya gaes!!! Contohnya?? Beli aja buku “Main Facebook” dan buka halaman 37.
Bab 3 berbicar tentng spying ya, yaitu ngintip. Apa ya yang
diintip? Yaitu produk orang, penawaran, harga yang ditetapkan, gambar yang
digunakan dan copywriting-nya. Jadi…secara garis besar ATM (amati, tiru,
modifikasi). Penjelasan tentang ATM ini ada pada halaman 51.
“YOU SHOULD LEARN FROM YOUR COMPETITORS, BUT NEVER COPY. COPY
AND YOU DIE.”
Menariknya pada buku tentang bisnis online ini pada halaman 98, ada pembahasan tentang viral. Ternyata oh ternyata
“Viralitas itu ilmiah, benar-benar diciptakan, bukan kebetulan.” Rupanya, kang
Dewa ini benar-benar mempelajari soal viralitas selama 5 tahun dan memang ada
ilmu psikologinya. Wah…wah… Lalu, apa pentingnya viral?
1. Trafic
penunjung yang tinggi
2. Jangkauan
iklan yang besar
3. Biaya
iklan terjangkau
4. Traffic
gratisan tanpa bayar
5. Potensi
calon pembeli yang banyak
6. Konversi
penjualan lebih besar
7. Orderan
lebih banyak
8. Omzet
lebih besar
9. Dll
Jadi, kesimpulan besarnya adalah makin viral statusnya, makin
besar manfaatnya (jualannya). Anda perlu mencatat ini, pada halaman 102, juga
dijelaskan hal-hal apa saja yang dapat memicu status seseorang menjadi viral. Hal ini dirinci satu persatu dari halaman 102
sampai dengan halaman 123. Lumayan panjang ya…jadi lebih baik punya bukunya
sendiri deh…biar lebih puas bacanya.
Pada buku tentang bisnis online ini di bab ke 3 berbicara tentang teknik closing, yaitu giring, pancing, cring…cring…saat membaca ini bagi anda yang punya bukunya akan bertanya, “Apaan tuh cring…cring?” hmmm…coba anda cari dalam KKBI (kamus besar bahasa Indonesia), anda pun tak akan menemukannya, sebab itu bahasa spontanitas kang Dewa Eka Prayoga. Ah..,susah kalau harus dijelaskan disini, sebab panjang sekali penjelasannya, maka dari itu lebih enak baca bukunya langsung. Pada halaman terakhir , yaitu halaman 217 ada foto besar Kang Dewa Eka Prayoga yang sedang memakai jas disertai dengan biodata pribadinya yang sangat inspiratif.
Komentar
Posting Komentar