Review Buku Tentang Bisnis Online "Main Facebook"



buku bisnis terbaik

buku tentang bisnis online

Review kali ini buku tentang bisnis online..after so long tidak membuat review buku. Review buku yang saya mau icip-icip adalah bukunya Dewa Eka Payoga sang dewa selling. Belum tahu siapa dia? Hah!! Serius!!  Dah search dulu di google ya. Nah kang dewa, demikian panggilan akrabnya, punya buku hard cover berwarna biru yang berjudul “Main Facebook”. Saya ceritakan dulu garis besarnya ya…jadi buku ini berkisah tentang  trik-trik jitu berjualan di facebook, baik secara organic atau berbayar. Yuukk… cari tahu caranya didalam buku bisnis terbaik ini.

Namanya juga buku tentang bisnis online , pada lembar-lembar pertama buku ini diisi dengan testimony para pembaca buku “Main Facebook”…Alhamdulillah testimoninya positif semua dari para pemilik bisnis ini. Loh kok pemilik bisnis? Yup…rata-rata pembaca buku “Main Facebook” adalah mereka yang memiliki bisnis dan mereka sukses dengan bekal ilmu dari buku bisnis terbaik ini dan tentu konsistensi. Kamu kapan nyusul punya bisnis sendiri?

Pada buku bisnis terbaik ini yang diberi judul "Main facebook" (asyiik ya judulnya) pembahasan utama dibagi menjadi 3, yaitu scrolling, posting, closing yang pada masing-masing bagian akan diperjelas lagi detilnya. Pokoknya ini buku tentang bisnis online , so kamu para pebisnis online should have this one. 

Dalam buku tentang bisnis online ini tepatnya Pada halaman 2 yaitu pembahasan tentang scrolling, diawali dengan tema searching. Searching yang dimaksud dalam buku ini apa ya kira-kira? IDE!!! Iya, nyari ide konten , ide copy writing, ide angle, ide gambar dan produk. Contohlah ide konten. Konten seperti apakah yang dicontohkan oleh kang Dewa ini?

  • 1.       Curhat
  • 2.       Kisah inspiratif
  • 3.       Cerita fiktif
  • 4.       Ulasan
  • 5.       Perumpamaan
  • 6.       Quote
  • 7.       Doa mendoakan
  • 8.       Nasihat
  • 9.       Tips dan trik
  • 10.   Pengumuman
  • 11.   Minta masukan
  • 12.   Pilihan ganda
  • 13.   Sapaan
  • 14.   Sindiran
  • 15.   Dll

Oke, saya kasih contoh dari buku tentang bisnis online  ini, konten yang berisi tentang kutipan yang memotivasi seperti pada halaman 9 “Jika targetmu seringkali tak tercapai, bisa jadi niat awalmu hanya sekedar mengejar uang, bukan Ridho Allah.”

 Adapun konten yang berisi tentang doa + mendoakan seperti pada halaman 10, yaitu “Semoga siapapun yang komen disini, jualannya makin laris dan bisnisnya makin manfaat bagi banyak orang…”

Konten yang berisi tentang sapaan seperti contoh pada halaman 16 “Assalamu’alaikum…”

Bab 2 diisi dengan tema “screening” … apaan tuh screening? Screening adalah penyaringan yaitu menyaring pertemanan fb… artinya anda harus meng-add dan remove beberapa teman facebook anda. Karena apa? Karena “makin pertemanannya tersaring, makin gampang closing… cring…cring…!!”

Nih… 3 prioritas utama pertemanan facebook anda pada halaman 24 adalah:

1.       Sahabat dekat , yaitu orang-orang yang anda kenal dalam kehidupan sehari-hari.

2.       Influencer/mastah, yaitu orang-orang yang berpengaruh atau sering berbagi ilmu via facebook.

3.       Buyer, yaitu orang-orang yang berpotensi membeli produk anda.

Nih, kang Dewa ngasih tips supaya orang berbondong-bondong meng-add pertemanan facebook dengan anda (pada halaman 36) : “Jadilah pusat perhatian, agar di-add pertemanan .” Caranya menjadi pusat perhatian? Nah loh!! sering berkomentar di akun influencer denga komentar tidak biasa tapi tetep sopan ya gaes!!! Contohnya?? Beli aja buku “Main Facebook” dan buka halaman 37.

Bab 3 berbicar tentng spying ya, yaitu ngintip. Apa ya yang diintip? Yaitu produk orang, penawaran, harga yang ditetapkan, gambar yang digunakan dan copywriting-nya. Jadi…secara garis besar ATM (amati, tiru, modifikasi). Penjelasan tentang ATM ini ada pada halaman 51.

“YOU SHOULD LEARN FROM YOUR COMPETITORS, BUT NEVER COPY. COPY AND YOU DIE.”

Menariknya pada buku tentang bisnis online  ini pada halaman 98, ada pembahasan  tentang viral. Ternyata oh ternyata “Viralitas itu ilmiah, benar-benar diciptakan, bukan kebetulan.” Rupanya, kang Dewa ini benar-benar mempelajari soal viralitas selama 5 tahun dan memang ada ilmu psikologinya. Wah…wah… Lalu, apa pentingnya viral?

1.       Trafic penunjung yang tinggi

2.       Jangkauan iklan yang besar

3.       Biaya iklan terjangkau

4.       Traffic gratisan tanpa bayar

5.       Potensi calon pembeli yang banyak

6.       Konversi penjualan lebih besar

7.       Orderan lebih banyak

8.       Omzet lebih besar

9.       Dll

Jadi, kesimpulan besarnya adalah makin viral statusnya, makin besar manfaatnya (jualannya). Anda perlu mencatat ini, pada halaman 102, juga dijelaskan hal-hal apa saja yang dapat memicu status seseorang menjadi viral.  Hal ini dirinci satu persatu dari halaman 102 sampai dengan halaman 123. Lumayan panjang ya…jadi lebih baik punya bukunya sendiri deh…biar lebih puas bacanya.

Pada buku tentang bisnis online  ini di bab ke 3 berbicara tentang teknik closing, yaitu giring, pancing, cring…cring…saat membaca ini bagi anda yang punya bukunya akan bertanya, “Apaan tuh cring…cring?” hmmm…coba anda cari dalam KKBI (kamus besar bahasa Indonesia), anda pun tak akan menemukannya, sebab itu bahasa spontanitas kang Dewa Eka Prayoga. Ah..,susah kalau harus dijelaskan disini, sebab panjang sekali penjelasannya, maka dari itu lebih enak baca bukunya langsung. Pada halaman terakhir , yaitu halaman 217 ada foto besar Kang Dewa Eka Prayoga yang sedang memakai jas disertai dengan biodata pribadinya yang sangat inspiratif.

Komentar